Thursday 10 October 2013

Book Review -- Lontang-Lantung

"Kerja dimana sekarang?"

Bete ngga sih kalau kalian ditanyain pertanyaan itu pas menghadiri suatu pertemuan? Pertemuan apa aja deh, entah itu kondangan atau acara reuni pasti ada satu atau dua orang yang nanyain ke kita pertanyaan tersebut. Tergantung sih bete-nya:
  • Bete pasti buat orang yang emang belom dapet kerja dan masih bingung mau kerja dimana karena proses interview-nya gagal terus-terusan. *puk-puk*
  • Bangga pasti buat orang yang udah punya pekerjaan dengan gaji cukup besar, sombong pasti kalo ditanya. *peace* hehehe (ngga semua begini kok)
Mempunyai pekerjaan memang jadi suatu momok penting bagi sebagian orang dan sekarang ini banyak orang yang malu lohh kalau ngga punya pekerjaan tetap, apalagi pas ditanya begitu sama sodara, rasanya kayak mau loncat dari Monas aja. *free puk-puk nya kakaaak* hahaha

Hal inilah yang dirasakan oleh tokoh utama dari buku Lontang-Lantung ini, Ari Budiman. Si Ari Budiman ini berjuang mencari kerja dengan satu tujuan pengen jadi orang kaya supaya bisa hidup nyaman. Ngga mudah buat Ari untuk mencari pekerjaan yang dia idamkan (re: bergaji besar), banyak banget tantangan yang harus dia hadapi untuk mendapatkan kerja. Interview berkali-kali, harus mengikuti berbagai tes yang gila-gilaan, juga ngantri sana-sini untuk bersaing dengan sesama pencari kerja yang lain, termasuk sahabatnya sendiri. Beehhh gila....

Jujur aja, gue ngga terlalu suka sama buku novel remaja begini. Tapi gue dapet rekomendasi dari sodara gue supaya coba baca buku ini, penasaran lah gue dengan buku Lontang-Lantung yang di tulis oleh Roy Saputra ini. Dan hasilnya? NGGA MENGECEWAKAN! Sama sekali! :))

Ternyata buku Lontang-Lantung ini termasuk novel komedi yang cocok banget buat kita-kita yang suka komedi ringan. Novel ini cocok juga buat mahasiswa semester akhir yang galau mau kerja dimana nantinya, gue saranin lo harus liat dulu pengalaman si Ari Budiman gimana susahnya cari kerja! hahaha

Gue suka dengan cara Roy Saputra menulis novel ini, alurnya jelas dan gampang buat dipahami, komedi yang disajikan juga cocok buat gue, baru halaman ke-4 aja gue udah ngakak sumpah ngga bohong. Hahaha. Banyak banget nilai plus yang gue kasih dari buku ini, antara lain yaitu jalan cerita yang ngga bikin bosen dengan adanya cerita persahabatan si tokoh utama dengan 2 sahabatnya yaitu Togar si orang Batak dan Suketi si orang Jawa (jujur, pertama kirain gue Suketi itu cewek, ternyata cowok -,-) yang kocak abis, terus ada komik strip yang lucu di beberapa halaman novel ini. Oh iya, Roy juga ngasih beberapa tips loh buat kalian yang mau interview kerja atau cara menghadapi bos kalian kalau ditanya-tanyain yang macem-macem, Roy punya solusinya! :)) Kurang afdol ya kalau di novel ngga ada kisah percintaan? tenang! Roy juga kasih kok, gue jamin ngga kalah seru kaya sinetron jaman sekarang :)

Kalau ada kelebihan pasti juga ada kekurangan dong? :) Menurut gue kekurangan dari novel ini adalah novel ini ngga bisa dibaca oleh semua umur karena ada konteks yang mungkin ngga dimengerti buat umur 15 tahun kebawah. Satu lagi, nama tokoh utama yang terlalu pasaran: Ari Budiman, hahahha kesel gila kalo denger namanya :)) Udah sih itu aja.

Pokoknya novel komedi Lontang-Lantung ini cocok banget buat kita yang lagi cari kerja atau kita yang masih mahasiswa yang mau tau gimana sih susahnya cari kerja. Roy Saputra memberikan lo alur cerita yang berbobot, yang bikin kita sadar dan mikir "Oohh gitu, bener juga ya..." Banyak banget hal-hal yang bisa lo petik dari novel komedi Lontang-Lantung ini seperti kerasnya dunia kerja, kehidupan, persahabatan dan cinta. Semua lengkap jadi satu. Yuk beli di toko buku terdekat. Selamat membaca ya guys!



-IPK yang tinggi ngga menjamin lo dapet pekerjaan yang tinggi juga-

3 comments:

  1. thank you so much ya stevoooo :D

    glad you love it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuff! Aku yang makasih ke kamu dong, kamu yang ngasih tahu buku ini :))

      Delete
  2. Okee, boleh ni pinjem bukunya

    ReplyDelete