Friday 12 April 2013

Ya Sudahlah?

Pernah dengar lagu "Ya Sudahlah" dari Bondan Prakoso & Fade 2 Black? Pasti banyak dari kalian yang sudah mendengarnya, lagunya yang enak didengar dan gampang dihafal menjadi booming beberapa tahun lalu sampai sekarang. Tapi disini gue ngga bakal nge-review lagu itu ataupun si Bondannya. Gue mau mengutip salah satu lirik dari lagu tersebut. Enjoy your read!

***

"Ketika mimpimu, yang begitu indah, tak pernah terwujud.... Ya sudahlah...."
"Saat kau berlari, mengejar anganmu, dan tak pernah sampai.... Ya sudahlah...."

Nahh sekarang pertanyaan buat kalian yang baca: kalian setuju ngga sih sama kata - kata di atas? Makna apa yang kalian dapet dari kata - kata tersebut?

Kalau gue, makna yang gue dapet dari kata - kata tersebut adalah saat seseorang yang punya mimpi bagus ataupun harapan yang sangat dia idam - idamkan tapi ngga pernah terwujud sampai sekarang, dan ya sudah... Mimpinya berhenti di 'tak terwujud'!

Jujur, gue ngga setuju dengan statement 'ya sudahlah...' disini. Karena apa? Karena statement itu menunjukkan kalau lo itu udah putus asa sama apa yang udah lo perjuangkan dan lo tiba - tiba berhenti mengejar mimpi ataupun angan lo yang indah itu. Kan ngga enak ya, kalian udah capek - capek atau kalian udah berusaha keras mengejar angan kalian tapi berhenti gara - gara kata 'ya sudahlah'.

Contoh realnya gini: sewaktu gue sekolah SD di Bekasi, gue punya pengalaman putus asa, ya, nilai - nilai gue hancur karena gue terlalu banyak main dan hanya sedikit belajar. Pernah saat gue kelas 6, saat ingin memasuki jenjang SMP, gue mendaftar di SMP dengan yayasan yang sama dengan SD gue, saat itu memang ada tes khusus karena SD dan SMP-nya beryayasan sama dan juga gedungnya juga bersebelahan (karena satu kompleks). Saat pengumuman penerimaan siswa baru, gue dipanggil oleh kepala sekolah karena gue dan satu temen gue ngga diterima di SMP itu. Dari situ gue mulai putus asa, karena gue ngga bisa satu SMP dengan sahabat - sahabat gue. Kemudian saat kelulusan SD, gue memutuskan untuk pindah dari Bekasi ke Jawa Tengah. Tapi, gue ngga berpikir "ya sudahlah, emang gue bego kali, emang gue ngga pantes SMP di Bekasi". Ngga sama sekali! Gue ber-refleksi diri, bahwa gue harus tetep mengejar cita - cita gue dan gue harus berubah! Dari yang tadinya males, sekarang gue harus bisa belajar. Alhasil, saat gue SMP, nilai - nilai gue cukup memuaskan dan gue selalu masuk 10 besar di kelas dan gue juga bisa melanjutkan ke salah satu SMA yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Saat SMA, gue juga bisa mengikuti pelajaran dengan baik seiring berjalannya waktu. Gue bisa masuk program studi IPA dan akhirnya sekarang gue bisa kuliah sesuai dengan cita - cita gue sejak SD yaitu menjadi engineer di bidang kimia.

See ? Kalau kalian ngga putus asa dan kalian tetep berjuang dan kalian ngga ngomong 'ya sudahlah', kalian masih bisa loh mewujudkan impian kalian! Gue aja bisa, masa kalian ngga? Mungkin sekaraang lirik-nya harus diubah jadi gini:

"Ketika mimpimu, yang begitu indah, tak pernah terwujud.... Ya sudahlah.... JANGAN YA SUDAHLAH! TERUSIIIN!" (maksud: terusin mimpi lo, sampai terwujud)
"Saat kau berlari, mengejar anganmu, dan tak pernah sampai.... Ya sudahlah.... JANGAN YA SUDAHLAH! TERUSIIIN!" (maksud: terusin mengejar angan lo, sampai lo dapet)


Hahaha... Disini gue cuma mau memotivasi kalian, bahwa kalian jangan putus asa dulu kalau - kalau mimpi kalian ngga terwujud. Coba deh diteruskan untuk mengejar mimpi kalian itu, coba usaha kalian lebih ditambah, atau coba cara lain supaya mimpi kalian bisa tercapai, ngga ada salahnya kan tetep berusaha? Memang berusaha itu capek dan jika usaha kita ngga pernah terwujud pasti ada perasaan kesal dan muncul perasaan putus asa. Tapi coba kalian positif thinking! Kalau mimpi kalian terwujud, usaha kalian ngga bakal sia - sia kan? Tapi sebaliknya kalau kalian udah berusaha bertahun - tahun ehh ternyata ngga terwujud - wujud, terus kalian berhenti berusaha dan ngomong "Ah udahlah! Capek usaha terus! Udah bertahun - tahun nih!". Usaha kalian jadi sia - sia kan? Coba deh, minta bantuan juga sama Tuhan supaya bisa terus berusaha dan ngga berfikiran negatif untuk berhenti berusaha. Apa yang kita impikan akan jadi kenyataan kalau kita bersabar dan selalu berusaha. Gue tahu kalian bisa, gue tahu kalian mampu! We can do it guys!


***

"Apapun yang terjadi, ku kan slalu ada untukmu..." 
"Janganlah kau bersedih... Because everything is gonna' be okay"
Tetep berusaha ya! :))

12 comments:

  1. Replies
    1. Big thanks buat kamu Danu, udah mau mampir, menurut kamu gimana nih Dan? Makna apa yang kamu dapet dari kata-kata itu ? Setuju ngga ? Drop The Complaints!

      Delete
  2. SUPER SETUJU!!!!

    If your dream is all that you ever wanted, then GO for it! never let anything make you down! after all the result is worth it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dear! Pokoknya kita harus terus semangat terus!

      Delete
  3. Tepsee, keren sekarang jadi penulis blog, hahahaha, :') jadi motivator teps! :D

    ReplyDelete
  4. BRAVO Tepsee :D Setuju banget gue :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you pan! lo setuju sama gue apa sama Bondan ? hahahha X))

      Delete
  5. SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!
    NGGAK ADA KATA YASUDAHLAH! #CAPSLOCKJEBOL

    GAGAL? USAHA SAMPE BERHASIL!
    LARI SAMPE AKHIRNYA BERHASIL MENYENTUH GARIS FINISH! *BERAPIAPI*

    Good one, tepo! Good point!

    ReplyDelete
  6. Thanks dear! Bener banget! pokoknya ngga ada kata yasudahlah! :)))

    ReplyDelete
  7. Tapi kata babe SUCI#3
    Ahh Sudahlah. hehehe

    ReplyDelete