Tuesday 9 April 2013

Parkir Dimana ?

Kalian pernah ngga sih pergi ke mall atau pusat perbelanjaan tapi naik sepeda ? Bukan pake motor juga bukan pake mobil, pernah ngga ? atau pernah ngga kalian mikir "Kalau gue naik sepeda ke mall, gue parkir dimana ya sepedanya ?"

Nah, pertanyaan ini selalu ada di pikiran gue. Entah kenapa gue pengen banget ke mall tapi naik sepeda! Alesannya adalah satu, gue totally ngga bisa naik motor ataupun mobil! Hahaha, entah kenapa kalau gue mau naik motor ataupun belajar motor, gue selalu parno kalau gue pasti nabrak ataupun saat lampu merah gue pasti nerabas (entah kenapa gue tidak berfikir untuk ngerem). Dua, gue pengen ikutan kegiatan ramah lingkungan dengan tidak memboroskan bahan bakar (baca: stop global warming). Tiga, katanya sepedaan itu menyehatkan, hitung-hitung gue jadi sehat juga :)) Tapi... Ada satu masalah! Dimana gue markir sepeda gue nantinya ? Nahhhh!


Semenjak gue pindah ke Surabaya dan kuliah di kota ini, gue sering banget jalan - jalan sama sahabat gue, entah itu sekedar nonton bioskop di mall ataupun makan - makan. Tapi ada kalanya dong gue pengen jalan - jalan sendirian. Karena gue ngga bisa naik motor (dan ngga punya motor tentunya), gue berfikiran untuk beli sepeda guna membantu mobilitas gue kalau kemana - kemana. Tapi gue selalu berfikir kalau misalnya gue pergi ke suatu mall, gue markir sepedanya dimana ya ? Mungkin terkesan bodoh (bisa-bisa bego) pertanyaan gue ini, tapi ya menurut gue ini penting loh! 

Sejauh pengelihatan gue saat ini, banyak banget mall - mall di kota - kota besar yang ngga mementingkan perasaan pengendara sepeda, jadi maksud gue pihak mall sama sekali ngga menyediakan lahan parkir untuk pengendara sepeda, sedangkan untuk pengendara mobil sangat dimanja dengan banyaknya lahan parkir yang ada. Malah denger - denger lahan parkir buat motorpun dibuat dengan amburadul atau seadanya, ada juga yang lahan parkir buat motornya jauuuuuh banget sama mallnya. Gue pernah pergi ke suatu mall di Surabaya sama sahabat gue menggunakan motor, pas masuk ke tempat parkiran motor, gue langsung 'cengo' ngeliat tempat parkir motornya yang bener - bener amburadul dengan banyak sekali motor yang ngga terparkir rapi dan gue langsung berfikir bener - bener pengendara mobil selalu di nomor satukan. It's not fair bung!

Sekarang gue tanya sama kalian, menurut kalian salah ngga sih kalau pergi ke mall pake sepeda ? Nah kalau kalian mau naik sepeda ke mall, kira - kira kalian bakalan parkir dimana ? (dengan kondisi mallnya ngga ada lahan buat parkir sepeda ya) Apakah kalian akan parkir di tempat parkiran motor ? Atau kalian bakal parkir di tempat lain ? (pokoknya sepeda kita harus aman!) Menurut kalian pihak pengelola mall harus gimana ?

Mungkin emang ini pertanyaan bodoh ya, tapi bagi orang - orang yang ngga bisa naik motor dan cuma bisa mengandalkan sepeda (kaya gue) bisa jadi ini pertanyaan yang penting loh! Secara kalau kita ke mall naik taksi terus, tekor juga lama - lama. Atau kalian berfikiran, ngapain sih bego - bego ke mall naik sepeda, it's oke aja loh :D, kalian bebas berpendapat kok! So, yuk utarakan pendapat kalian! Ditunggu ya :))

14 comments:

  1. setuju nih, tapi di beberapa mall di Jakarta sih, udah ada yang punya parkiran sepeda, contoh yang aku liat kmrn minggu, Central Park. Semoga nanti di Surabaya juga menyusul yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii tp scr ga tertulis gembok hrs adaa.. tmn gua penrah di cp mall parkir tapi ga sembarangan sihh.. malah di tempat yang dijaga bapak satpam nya ( di deket Jaknot CP) jadi ya dia pikir, its safe baby wkkwk..
      Yaudahh dia tinggal makan bntr.. eh pas udh selesai makan, mau ke gramed malah dipanggil ama security. Trs diomelin wkwk, maklum dia orgnya males nanya kdg, pdhl udh ada parkirannya sbnrnya.

      Entah bnr apa kaga dia dipanggil kena ciduk dr cctv parkir sepeda smbrangan.. dia apess lemes diomelin dibentak securitynya.. untung udh mlm jg itu ga rame jd gada org yg liat.. cuma dia ama security nya doank wkekkwk

      Delete
  2. Nice to hear that! Bagus kalau udah ada beberapa mall di Jakarta yang udah nyediain tempat parkir buat sepeda :) Semoga di kota - kota besar lainnya bisa cepet nyediain tempat parkir buat sepeda ya (tetep berharap) hahaha X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii apalagi yg suka riding speda buat olahraga kaki brg temen sahabat gebetan.. trus pengen break ke mall jd nya g keberatan.. Bagus lahh udh ada yg nyediain parkiran sepeda. Kyk di Central Park sama Mall Taman Anggrek [ mungkin]

      Delete
  3. Kalo saya ke mall naik angkutan kota atau TransJogja, gimana dong? Kok saya nggak dikasih lahan buat parkir? .__.Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini agak absurd ya, hahahaha, emang lebih enak pake transportasi umum ya, ngga capek murah lagi + kita ngga menuh-menuhin jalan dengan mobil - mobil mahal atau motor - motor mahal, biar ngga macet! :p

      Delete
  4. well, fisrt of all mostly orang ke mall kebanyakan naik mobil, secara mall bisa menjadi tempat hang out bareng keluarga jg dan sodara2 lainnya.. so kenapa mobil parkir mobil lebih di utamakan karena:
    1. mobil bisa muat banyak orang (even kita suka liat paling isi mobil 2-3 org) but basicly kalau di pakai untuk rame2 pun berguna kan itu mobil :D
    2. mobil membutuhkan space lebih besar dari pada kendaraan bermotor ataupun sepeda.
    3. di Indonesia jarang ada orang ingin pergi ke mall memakai sepeda ( unless akhir2 ini dikarenakan lagi musim sepeda pixie)

    so far di jakarta seperti GI sudah ada parkir sepeda yang terletak di basement bersamaan dengan parkir sepeda motor (itu yg gw perna lihat)

    walau untuk sekarang parkir untuk sepedanya masih terbilang sedikit dikarenakan pengguna sepeda itu masi tergolong sedikit (minoritas) but so far sejalannya waktu pun jika memang pengguna sepeda sudah banyak dan mulai di akui pasti akan juga di sediakan tempat untuk parkirnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh! Problem is solved nih! Memang naik mobil lebih dipilih orang karena faktor - faktor yang kamu bilang. It's okay. Tapi ikut seneng karena semakin banyak mall di kota - kota besar yang ternyata sudah menyediakan tempat parkir buat pengendara sepeda :D Thank you for your great comment!

      Delete
  5. GM ada stev. parkir sepeda cman 100 rupiah. haha... bnran ada tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh! Seneng banget nih udah ada satu mall di Surabaya yang ada tempat parkir sepedanya! murah lagi! Thanks banget ya mas Mario!

      Delete
  6. Di Jakarta udah mulai digerakkin tepss, hahaha, malah gue dengan bodohnya mengira itu tempat penyewaan sepeda, untung ada temen gue yang bilangin itu tempat parkir X)) di kampus, parkir sepeda 1000 seharian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha... Ngakak gue yang Atol kira penyewaan sepeda :D

      Delete
  7. Wahhh makin bagus nih, udah banyak yang menggerakan tempat parkir sepeda :))

    ReplyDelete
  8. Saya juga nggak bisa naik motor dan mobil. Hobinya naik sepeda. Cuma bingung parkirnya aja kalau mau ke mall.

    ReplyDelete